Tuliskan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Dari Cerita Fahombo Batu

Tuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari cerita fahombo batu! Dengarkan gurumu saat bercerita. Tulislah gagasan pokok dan pendukungnya pada diagram yang ada. Pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 halaman 147 148 149 150, tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 3 Bersyukur Atas Keberagaman, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal mengenai Apakah kamu dapat melakukan keterampilan tersebut dengan baik? Jelaskan! Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Menulis

Selain permainan Engklek, bangsa Indonesia juga mempunyai banyak permainan yang diwariskan secara turun-temurun. Mari kita cari tahu lebih jauh tentang budaya Fahombo Batu atau Lompat Batu yang biasa dilakukan oleh Msasyarakat Nias.

Fahombo Batu

Tradisi Fahombo Batu berasal dari suku Nias. Suku Nias berasal dari Pulau Nias yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera. Lompat batu atau yang dikenal dengan Fahombo Batu merupakan ciri khas masyarakat Nias.

Tradisi melompati batu dilakukan oleh kaum laki-laki, khusunya pemuda. Mereka harus melompati susunan batu setinggi 2 meter dengan ketebalan 40 cm. Tradisi ini bertujuan untuk menunjukkan kekuatan dan ketangkasan para pemuda yang melakukannya.

Seseorang yang berhasil melakukan tradisi ini dianggap hebat, baik bagi dirinya maupun keluarga dan masyarakat.

Dengarkan gurumu saat bercerita. Tulislah gagasan pokok dan pendukungnya pada diagram yang ada.

Tuliskan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Dari Cerita Fahombo Batu

Jawab:

No. Paraggraf Gagasan Utama Gagasan Pendukung
1. Paragraf 1 Tradisi Fahombo Batu berasal dari suku Nias
  1. Suku Nias berasal dari Pulau Nias yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera.
  2. Lompat batu atau yang dikenal dengan Fahombo Batu merupakan ciri khas masyarakat Nias.
2. Paragraf 2 Tradisi melompati batu dilakukan oleh kaum laki-laki, khusunya pemuda
  1. Mereka harus melompati susunan batu setinggi 2 meter dengan ketebalan 40 cm.
  2. Tradisi ini bertujuan untuk menunjukkan kekuatan dan ketangkasan para pemuda yang melakukannya.
3. Paragraf 3 Seseorang yang berhasil melakukan tradisi ini dianggap hebat
  1. Baik bagi dirinya maupun keluarga dan masyarakat.

Setelah kamu mengenal tradisi Fahombo Batu, sekarang saatnya kamu mengenal keunikan budaya yang ada di daerahmu. Apakah di daerahmu juga terdapat budaya yang unik?

Baca Juga Pembahasan Soal Halaman Selanjutnya:

Ayo Berlatih!

Beberapa permainan tradisional membutuhkan teriakan pemainnya. Semakin banyak yang berteriak, semakin banyak pula suara yang kita dengar.

Pernahkah kamu mencoba berteriak di lapangan? Apa yang terjadi? Bandingkan juga ketika kamu berteriak di kamar mandi. Apa perbedaannya?

Jawaban soal diatas, buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 147 148 149 150 tentang Tuliskan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Dari Cerita Fahombo Batu. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 3. Terimakasih, selamat belajar! Jawaban lengkap, buka disini: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 146 147 148 149 150 151 153 Pembelajaran 3 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagaman

One Comment