Tulislah Gagasan Pokok dan Pendukung Cerita Tentang Tong Sampah Gotong Royong

Tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukung cerita tentang Tong Sampah Gotong Royong. Gunakan diagram-diagram berikut! Pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 halaman 106, 107 dan 108, tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal mengenai Peta pikiran tentang indra pendengar. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Mencoba

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Tong Sampah Gotong Royong.

Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.

Tulislah Gagasan Pokok dan Pendukung Cerita Tentang Tong Sampah Gotong Royong

Jawaban:

Paragraf 1

Gagasan Pokok: Warga berkumpul di lapangan
Gagasan Pendukung: Peralatan yang dibawa warga.

Paragraf 2

Gagasan Pokok: Warga bergotong royong
Gagasan Pendukung: Mereka saling membantu.

Paragraf 3

Gagasan Pokok: Tong sampah siap dihias
Gagasan Pendukung: Membuat pola hiasan, keranjang sampah yang cantik.

Kerja Sama dengan Orang Tua : Diskusikanlah bersama orang tuamu tentang pentingnya memelihara indra pendengaran. Catatlah contoh-contoh kegiatan merawat indra tersebut. Berikan hasilnya kepada gurumu.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 106, 107 dan 108 tentang Tulislah Gagasan Pokok dan Pendukung Cerita Tentang Tong Sampah Gotong Royong.  Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 3 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman. Terimakasih, selamat belajar!