Variasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat dan Lempar : Contoh & Jenisnya

Contoh Variasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat dan Lempar – Tidak hanya lari dan lompat, pada pelajaran ini, kamu akan mempelajari variasi gerak dasar jalan dan lempar. Bagaimana bentuk variasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar? Mari, pelajari materi ini dengan sungguh-sungguh.

Kegiatan bermain lompat tali biasa kamu lakukan bersama temanmu. Variasi gerak jalan dan lari sangat menyenangkan jika dipraktikkan dalam bentuk permainan. Manusia memiliki berbagai kemampuan gerakan di antaranya jalan, lari, lompat, dan lempar. Gerakan tersebut termasuk gerakan dasar atletik. Atletik merupakan cabang olahraga tertua dan induk semua cabang olahraga.

1. Variasi Gerak Dasar Jalan

Variasi Gerak Dasar Jalan Lari Lompat dan Lempar

Jalan adalah aktivitas gerak memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat lain. Saat kaki melakukan pergantian langkah, satu kaki tetap bertumpu pada dasar pijakan. Bagaimana bentuk variasi gerak dasar berjalan?

Pertama yaitu Variasi Gerak Berjalan Berdasarkan Arah, terdiri dari jalan maju dan mundur, dan jalan ke samping dan berkelok-kelok. Kedua variasi gerak berjalan berdasarkan langkah, terdiri dari langkah biasa dan tegak, langkah rapat dan cepat.

2. Variasi Gerak Dasar Berlari

Variasi Gerak Dasar Berlari

Apa saja variasi gerak dasar berlari? Ada beberapa variasi gerak berlari yang dapat kamu praktikkan. Contoh bentuk variasi gerak dasar berlari meliputi lari pelan dan lari cepat, lari menyamping, dan lari berkelok-kelok, lari melompati rintangan dan lari langkah kuda.

3. Variasi Gerak Dasar Lompat dan Loncat

Variasi Gerak Dasar Lompat dan Loncat

Apa sajakah variasi gerak dasar lompat dan loncat? Tahukah kamu, gerakan melompat memberikan pengalaman cara menumpu atau mendarat yang benar. Selain itu, aktivitas melompat dapat menumbuhkan keberanian dan percaya diri.

Contoh variasi gerak dasar lompat dan loncat meliputi lompat tali dan loncat katak, loncat ke atas dan lomcat jauh, lompat raih dan lompat jauh.

4. Variasi Gerak Dasar Lempar

Variasi Gerak Dasar Lempar

Tahukah kamu, gerakan melempar dilakukan dengan satu atau dua tangan? Benda yang biasa digunakan dalam gerakan melempar, yaitu bola kasti, bola sepak, bola basket, lembing, roket, dan cakram. Apa sajakah bentuk pembelajaran variasi gerak lempar? Contoh gerak dasar lempar meliputi lempat roket, lempar bola ayun.

Nah itulah beberapa bentuk contoh variasi gerakan dasar jalan lari lompat dan lempar penjelasan singkat rangkuman materi pelajaran PJOK. Semoga bermanfaat, terimakasih.