9 Contoh Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Kasti

Contoh Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Kasti – Dalam permainan kasti, seorang pemain harus menguasai beberapa gerakan dasar, baik itu gerak lokomotor, nonlokomotor maupun manipulatif. Nah pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan pengertian dan bentuk gerak dasar manipulatif!

Bagaimana variasi gerak dasar manipulatif? Apa sajakah variasi gerak dasar manipulatif pada permainan kasti? Mari, kita pelajari materi berikut dengan sungguh-sungguh. Baca dan pahami isi materi dan catat poin-poin penting rangkuman materi dibawah ini!

Variasi Gerak Manipulatif Melempar Bola Melambung, Mendatar, dan Bawah

Melempar bola dalam permainan kasti termasuk variasi gerak dasar manipulatif. Gerakan ini untuk mengumpan kepada pemain pemukul, mengoper kepada teman satu kelompok, atau mematikan kelompok pemukul. Pada permainan kasti, gerakan melempar bola dapat dilakukan berbagai variasi.

1. Melempar Bola Melambung

Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Kasti

Gerak dasar melempar bola melambung untuk mengumpan dalam jarak jauh. Bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola melambung?Lakukan gerakan melempar bola melambung dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Sikap awal, berdiri dengan kedua kaki dibuka. Salah satu kaki berada di depan, misalnya kaki kiri.
2. Bola dipegang tangan kanan di atas bahu. Posisi tangan kiri sejajar bahu. Pandangan ke arah sasaran.
3. Lakukan gerakan ayunkan lengan ke depan untuk melempar bola. Arah bola ke atas depan agar bola melambung tinggi.
4. Ikuti gerakan melangkahkan kaki kanan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

2. Melempar Bola Mendatar

Gerakan melempar bola mendatar untuk mengoper kepada teman satu kelompok. Gerakan ini juga untuk mematikan pemain lawan. Cara melakukan gerakan melempar bola mendatar sebagai berikut.

1. Sikap awal, berdiri dengan kedua kaki dibuka. Salah satu kaki berada di depan, misalnya kaki kiri.
2. Bola dipegang menggunakan tangan kanan di atas bahu. Posisi tangan kiri sejajar bahu. Pandangan ke arah sasaran.
3. Lakukan gerakan ayunan lengan untuk melempar bola. Arah bola mendatar setinggi dada.
4. Posisi kaki dipertahankan kaki kanan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

3. Melempar Bola Menyusur Tanah

Arah bola pada gerakan ini menggelinding atau menyusur di tanah. Bagaimana cara melakukan melempar bola bawah? Bahaslah bersama temanmu. Kembangkan sikap saling menghargai dalam berdiskusi.

Gunakan buku bacaan atau internet untuk menunjang hasil diskusi. Selanjutnya, komunikasikan hasil diskusi kepada teman dan guru secara santun.

Variasi Gerak Manipulatif Menangkap Bola Melambung, Mendatar, dan Menyusur Tanah

Variasi gerak dasar selanjutnya, menangkap bola kasti. Untuk menangkap bola, kamu harus menguasai gerakan melempar bola. Bagaimana cara menangkap bola kasti? Secara umum, cara menangkap bola terdiri atas menangkap bola atas (melambung), menangkap bola mendatar, dan menangkap bola bawah (menyusur tanah).

Carilah informasi melalui buku bacaan atau internet untuk mengetahui langkah-langkah menangkap bola. Tuliskan informasi penting yang ditemukan dan gunakan sebagai sumber belajar. Diskusikan informasi yang kamu temukan bersama teman. Jelaskan hasil diskusi kepada guru secara santun.

Variasi Gerak Manipulatif Memukul Bola Melambung, Mendatar, dan Menyusur Tanah

Memukul bola kasti dilakukan dengan mengayunkan pemukul dari belakang ke depan. Saat memukul bola, perhatikan faktor keselamatan diri sendiri dan orang lain. Dilihat dari tujuan pukulan, gerak memukul bola terdiri atas pukulan bola melambung, pukulan bola mendatar, dan pukulan bola ke bawah.

1. Variasi Gerak Manipulatif Pukulan Melambung

Bagaimana cara melakukan pukulan melambung? Kedua tangan memegang pemukul pemukul diayunkan ke belakang sebelum memukul bola. Ayunkan pemukul ke depat mengenai bola. Pukulan dilakukan dengan sikap santai. Cara ini dapat menghasilkan pukulan melambung tinggi.

2. Variasi Gerak Manipulatif Pukulan Mendatar

Tahukah kamu, cara melakukan pukulan mendatar? Pukulan mendatar dilakukan dengan posisi kaki kiri di depan dan tangan kanan memegang pemukul. Pemukul sejajar bahu. Pukulan ini menghasilkan arah bola bergerak dengan cepat ke depan.

3. Variasi Gerak Manipulatif Pukulan Menyusur Tanah

Pukulan menyusur tanah digunakan untuk memukul bola rendah. Bagaimana cara melakukan pukulan menyusur tanah? Berikut cara melakukan pukulan menyusur tanah. Posisi awal, berdiri dengan satu kaki di depan.

Tangan yang memegang pemukul ditarik ke belakang atas. Pandangan ke arah datangnya bola. Ayunkan pemukul ke arah bola dengan memantulkan bola ke bawah agar arah bola menyusur tanah. Setelah memukul, alat pemukul diletakkan di area pemukul.

Nah itulah sembilan contoh Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Kasti. Semoga rangkuman materi diatas bermanfaat dan berguna. Terimakasih.