3 Contoh Variasi Gerak Nonlokomotor dalam Permainan Bola Basket

Contoh Variasi Gerak Nonlokomotor dalam Permainan Bola Basket – Dalam permainan basket, seorang pemain harus menguasai beberapa gerakan dasar, baik itu gerak lokomotor, nonlokomotor maupun manipulatif. Nah pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan pengertian dan bentuk gerak dasar nonlokomotor!

Apa sajakah bentuk variasi gerak nonlokomotor pada permainan bola basket? Pada permainan bola basket, ada beberapa variasi gerak nonlokomotor. Mari, ikuti pembelajaran materi berikut dengan sungguh-sungguh.

1. Menekuk Kaki dan Membungkuk

Gerakan memantulkan bola dapat dilakukan di tempat. Bagaimana bentuk pembelajarannya? Pembelajaran ini dilakukan tanpa bola. Awalnya, posisi dalam sikap berdiri dan kedua kaki dibuka selebar bahu.

Kemudian, menekuk kaki dan badan agak membungkuk. Salah satu lengan (kanan misalnya) melakukan gerakan seolah-olah memantulkan bola. Lengan satunya (kiri) diangkat untuk menjaga keseimbangan tubuh.

2. Berdiri dan Mengayunkan Lengan

Variasi Gerak Nonlokomotor dalam Permainan Bola Basket

Amatilah gerak berdiri dan mengayunkan lengan seperti Gambar diatas. Praktikkan gerak tersebut bersama temanmu. Diskusikan cara melakukan gerak berdiri dan mengayunkan lengan. Kemudian, jelaskan hasil diskusi kepada guru secara santun. Bandingkan hasil pembahasanmu dengan materi berikut.

Posisi awal berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua tangan seolah-olah memegang bola di depan dada. Ayunkan lengan dengan mendorong ke depan. Luruskan kedua lengan setinggi dada. Lakukan aktivitas ini bersama temanmu dengan disiplin dan tanggung jawab.

3. Menarik dan Mengayunkan Lengan

Bagaimana variasi gerak menarik dan mengayunkan lengan? Variasi gerak dasar nonlokomotor ini dilakukan dengan kedua tangan. Posisi awal berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu.

Kedua tangan diluruskan ke depan. Kemudian, lakukan gerakan mengayunkan lengan ke badan. Tarik lengan mendekat badan dengan menekuk siku. Lakukan gerakan ini dengan disiplin dan tanggung jawab.

Bersama temanmu, lakukan variasi gerak nonlokomotor dalam permainan bola basket. Lakukan gerak berdiri dan mengayunkan lengan. Lakukan pula gerak menarik dan mengayunkan lengan.

Lakukan variasi gerak ini dengan semangat. Amatilah gerakan temanmu dan bandingkan dengan gerakanmu. Jelaskan hasil pengamatanmu kepada guru secara jujur dan santun.