Berapa Kali Kamu Bisa Menebak Sumber Bunyi Laporan Kegiatan Percobaan Kelas 4 Halaman 104 – 105

Berapa kali kamu bisa menebak sumber bunyi? Sumber bunyi mana yang mudah kamu tebak? Sumber bunyi mana yang sulit kamu tebak? Pembahasan laporan kegiatan percobaan kunci jawaban tema 1 kelas 4 halaman 104 – 105, tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Berapa Kali Kamu Bisa Menebak Sumber Bunyi Laporan Kegiatan Percobaan Kelas 4

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal mengenai Peta pikiran tentang indra pendengar. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Berlatih

Nah, sekarang kamu akan melakukan percobaan tentang sumber bunyi seperti pembelajaran sebelumnya. Namun, kali ini kamu harus mencari alat sendiri dan mencoba membunyikannya. Kamu bisa mencari berbagai peralatan seperti kertas, kayu, dan sebagainya. Lakukanlah permainan bunyi bersama dengan teman kelompokmu. Secara bergantian kamu bisa menebak sumber bunyi yang dibunyikan temanmu.

Berapa kali kamu bisa menebak sumber bunyi?
Sumber bunyi mana yang mudah kamu tebak?
Sumber bunyi mana yang sulit kamu tebak?

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 104 - 105 Laporan Percobaan tentang sumber bunyi

Jawab:

Nama Percobaan : Benda Bergetar Sebagai Sumber Bunyi
Tujuan Percobaan : Menjelaskan penyebab timbulnya bunyi dan cara perambatan bunyi

Alat-alat :

  • Ember
  • Kaleng biskuit
  • Botol minuman
  • Tempat sampah plastik

Langkah Kerja :

  1. Ambilah berbagai macam benda.
  2. Kamu dan beberapa temanmu bersembunyi di tempat berbeda sambil memegang benda.
  3. Secara bergantian bunyikan benda. Minta temanmu menebak siapa pemegang benda.
  4. Bergantianlah dengan temanmu untuk menebak sumber bunyi

Hasil Percobaan : Setelah dilakukan percobaan siswa dapat menebak asal suara, namun juga beberapa kali salah menenbak asal suara. Suara yang paling sering ditebak adalah kaleng biskuit karena suatanya paling keras. Sementara botol minuman sulit ditebak.

Kesimpulan : Benda bergetar dapat menimbulkan bunyi, bunyi yang dihasilkan sumber bunyi merambat melalui udara.

Baca Juga Pembahasan Soal Halaman Selanjutnya :

Ayo Membaca

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Tong Sampah Gotong Royong. Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.

Jawaban soal diatas, buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 104 – 105.  Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 3 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman. Terimakasih, selamat belajar! Jawaban lengkap, buka disini: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 101 102 103 104 105 106 107 108 Pembelajaran 3 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman

One Comment