2 Contoh Gerak Dasar Lokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat

Contoh Gerak Dasar Lokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat – Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia. Sebagai budaya asli, pencak silat memuat nilai-nilai luhur bangsa. Pencak silat berkembang secara turun-temurun hingga saat ini. Budaya bangsa ini perlu dilestarikan dengan mempelajari gerak dasar pencak silat dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai pencak silat diakui oleh bangsa lain.

Pada pencak silat, terdapat gerak dasar lokomotor (berpindah tempat) dan nonlokomotor (tidak berpindah tempat). Apa saja gerakan dalam pencak silat yang termasuk gerak dasar lokomotor? Berikut ini penjelasannya!

Gerak Dasar Lokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat

Contoh Gerak Dasar Lokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat

1. Arah dalam Pencak Silat

Arah adalah sasaran dalam melakukan gerakan. Arah digunakan saat melakukan pembelaan maupun serangan. Pada pencak silat, arah dikenal dengan delapan penjuru mata angin. Langkah kaki dilakukan pada arah tertentu sesuai keperluan.

Dilihat dari gambar tersebut, arah yang dimaksud, yaitu arah belakang, serong kiri belakang, samping kiri, serong kiri depan, depan, serong kanan depan, samping kanan, serong kanan belakang. Arah gerak dimulai dari titik pusat. Langkah pertama dimulai dari arah belakang, kemudian bergerak sesuai arah jarum jam.

Untuk menambah pengetahuanmu tentang arah gerak dalam pencak silat, kamu dapat mencari informasi dari internet atau sumber bacaan lainnya. Catat informasi penting pada laman tersebut dan gunakan sebagai sumber belajar.

2. Pola Gerak Langkah dalam Pencak Silat

Langkah adalah perubahan injakan kaki dari suatu tempat ke tempat lainnya. Langkah dapat dilakukan dengan lurus atau serong. Apa sajakah bentuk dan macam pola gerak langkah dalam pencak silat?

a. Bentuk Pola Gerak Langkah

Apa saja pola gerak langkah dalam pencak silat? Pola gerak langkah dalam pencak silat antara lain pola langkah lurus, pola langkah segi empat, pola langkah U, pola langkah berkelok-kelok, pola langkah S, pola langkah segitiga, dan pola langkah segi empat silang.

b. Macam-Macam Pola Gerak Langkah

Bagaimana cara melangkah dalam pencak silat? Cara melakukannya dapat dengan cara angkatan, geseran, ingsutan, dan lompatan. Amatilah gambar berikut dengan cermat. Diskusikan gerak langkah kaki sesuai gambar tersebut bersama temanmu. Gunakan sumber bacaan untuk menunjang diskusimu. Jelaskan hasil diskusi kepada teman dan guru secara santun.

Ayo, Pratikkan Gerak Langkah dalam Pencak Silat!

Lakukan gerak langkah berdasarkan arah dan pola gerakannya. Lakukan kegiatan ini secara berkelompok. Amatilah gerakan temanmu dan bandingkan dengan gerakanmu. Lakukan koreksi terhadap gerakan teman jika diperlukan.

Jelaskan hasil pengamatanmu kepada teman dan guru secara jujur dan santun. Tumbuhkan sikap semangat, percaya diri dalam melakukan kegiatan ini. Jika masih kesulitan, mintalah bimbingan kepada Guru.