Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor Seni Bela Diri Pencak Silat

Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat – Pencak silat merupakan seni bela diri tradisional Indonesia. Seni bela diri ini perlu dilestarikan, caranya dengan belajar gerak dasar pencak silat. Belajar pencak silat dapat menumbuhkan sikap disiplin dan menghargai perbedaan antarteman.

Pada pencak silat, terdapat gerak dasar lokomotor (berpindah tempat) dan nonlokomotor (tidak berpindah tempat). Apa saja gerakan dalam pencak silat yang termasuk gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor? Berikut ini penjelasannya!

Gerak Dasar Lokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat

Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor Seni Bela Diri Pencak Silat

Apa sajakah gerak dasar lokomotor dalam pencak silat?

1. Arah dalam Pencak Silat

Arah adalah sasaran dalam melakukan gerakan. Arah digunakan saat melakukan pembelaan maupun serangan. Pada pencak silat, arah dikenal dengan delapan penjuru mata angin. Langkah kaki dilakukan pada arah tertentu sesuai keperluan.

Arah yang dimaksud, yaitu arah belakang, serong kiri belakang, samping kiri, serong kiri depan, depan, serong kanan depan, samping kanan, serong kanan belakang. Arah gerak dimulai dari titik pusat.

2. Pola Gerak Langkah dalam Pencak Silat

Langkah adalah perubahan injakan kaki dari suatu tempat ke tempat lainnya. Langkah dapat dilakukan dengan lurus atau serong. Apa sajakah bentuk dan macam pola gerak langkah dalam pencak silat?

a. Bentuk Pola Gerak Langkah

Pola gerak langkah dalam pencak silat antara lain pola langkah lurus, pola langkah segi empat, pola langkah U, pola langkah berkelok-kelok, pola langkah S, pola langkah segitiga, dan pola langkah segi empat silang.

b. Macam-Macam Pola Gerak Langkah

Bagaimana cara melangkah dalam pencak silat? Cara melakukannya dapat dengan cara angkatan, geseran, ingsutan, dan lompatan. Amatilah gambar berikut dengan cermat.

Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat

Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri Pencak Silat

Apa sajakah bentuk gerak dasar nonlokomotor dalam pencak silat? Pertama, gerak nonlokomotor sikap kuda-kuda. Gerak ini terdiri dari kuda-kuda depan, belakang, tengah dan samping.

Kedua, gerak nonlokomotor sikap pasang. Sikap pasang adalah sikap siap menghadapi lawan untuk memulai atau membalas serangan. Sikap pasang diperlukan untuk mendukung pelaksanaan gerak dasar pencak silat. Apa sajakah sikap pasang dalam pencak silat? Yaitu meliputi sikap pasang terbuka dan sikap pasang tertutup.

Ketiga, gerak nonlokomotor sikap tegak. Apa sajakah sikap tegak? Sikap tegak dalam pencak silat terdiri atas sikap tegak 1, sikap tegak 2, sikap tegak 3, dan sikap tegak 4.

Pembentukan sikap sebagai dasar pembentukan gerak yang terkait faktor jasmani dan rohani. Faktor jasmani berkaitan kesiapan fisik untuk melakukan gerakan. Faktor rohani berkaitan kesiapan mental dalam aktivitas pencak silat. Kombinasi sikap fisik dan mental sangat penting dalam melakukan keterampilan gerak yang efektif dan efisien.

Keempat yaitu gerak dasar nonlokomotor serangan dalam pencak silat. Terdiri dari pukulan, dan tendangan. Kelima, gerak dasar belaan. Gerak belaan dasar pada pencak silat terdiri atas elakan dan hindaran atau tangkisan.

Itulah beberapa bentuk contoh gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor dalam seni bela diri pencak silat beserta bentuk langkah-langkah cara melakukannya.