Contoh Kerajinan Limbah Tulang Ikan : Cara Membuat dan Gambarnya

Contoh kerajinan dari bahan limbah keras organik tulang ikan beserta proses cara pembuatan dan gambarnya. Selain memanfaatkan tulang ikan, beberapa limbah keras lain juga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan produk kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.

Contohnya sepertiĀ kerajinan dari limbah sisik ikan, cangkang kerang, tempurung kelapa, plastik, pecahan keramik dan kaca. Kumpulan limbah organik dan anorganik tersebut dapat dimanfaatkan dan bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Contoh Kerajinan Limbah Tulang Ikan dan Cara Pembuatannya

Tulang ikan merupakan limbah perikanan yang mudah didapatkan di daerah pantai, pasar ikan, dan restoran-restoran seafood. Selama ini tulang ikan biasa dipergunakan sebagai bahan pakan ternak. Tulang ikan dihaluskan menjadi tepung tulang.

Sebagian besar orang membuang limbah tulang ikan ini karena tidak lagi bermanfaat. Jika masa panen ikan, orang tidak sempat lagi mengolah limbah tulang ikan. Limbah tulang ikan menjadi pemandangan yang mengganggu karena hanya dibuang begitu saja di sekitar lingkungan.

Limbah tulang ikan ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan yang cukup unik dan artistik. Produk kerajinan dari tulang ikan masih tergolong langka, sehingga sangat berpotensi dikembangkan lebih lanjut.

Masyarakat yang tinggal di dekat perairan laut, pantai atau pasar ikan tidak akan menemui kesulitan dalam memperoleh limbah tulang ikan dan tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk mendapatkan bahan baku kerajinan ini.

Pemanfaatan limbah tulang ikan menjadi produk kerajinan memiliki nilai lebih di bidang ekonomi. Sekarang ini orang sudah mulai menyenangi produk kerajinan yang berasal dari bahan tulang ikan, karena unik berseni, menarik, dan juga ramah lingkungan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa peluang usaha dari limbah tulang ikan dapat menguntungkan.

Pengolahan tulang ikan dilakukan dengan sederhana. Setelah dicuci bersih, tulang ikan dijemur matahari langsung. Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu pisahkan bagian-bagian yang berpotensi untuk dijadikan produk kerajinan yang sesuai. Tulang ikan dapat pula diberi warna dengan menggunakan pewarna semprot.

Contoh Kerajinan Limbah Tulang Ikan
Contoh Kerajinan dari bahan Limbah Tulang Ikan

Bahan pembuatan produk kerajinan dari limbah tulang ikan

Bahan baku pembuatan kerajinan limbah tulang ikan adalah tulang ikan dengan seluruh bagiannya. Selain itu, digunakan pula lem power dan semprotan pewarna.

Alat pembuatan kerajinan limbah tulang ikan

Alat pembuatan kerajinan limbah tulang ikan mudah didapat di antaranya amplas, gergaji besi, lem tembak, dan gerinda.

Produk kerajinan dari limbah tulang ikan

Dengan berbekal keterampilan, kreativitas, dan alat-alat sederhana, produk kerajinan dari limbah tulang ikan ini dapat diolah menjadi berbagai bentuk seperti hiasan dinding/ruang, bunga, miniatur kendaraan, dan miniatur tokoh.

Proses pembuatan kerajinan dari limbah tulang ikan

Proses pembuatan kerajinan dari tulang ikan tidak sesederhana yang dibayangkan. Untuk menghasilkan produk yang bagus diperlukan ketelitian dan kesabaran dalam membuatnya.

Agar hasilnya dapat bervariasi dan unik, perlu dibuat rancangan terlebih dahulu sehingga hasilnya lebih rapi dan sesuai prinsip keindahan. Proses pembuatan kerajinan tulang ikan yang disajikan ini berupa kerajinan aksesoris.

Langkah-Langkah Pembuatan :

  1. Pilih tulang rusuk ikan yang masih bagus
  2. Potong menjadi kecil-kecil mengukuti ruas. Tulang yang besar untuk liontin
  3. Susun dengan roncean dengan seutas tali kulit
  4. Ikat tali membentuk simpul pada ujung tali kanan kiri
  5. Kalung sudah jadi dan dapat dibuat lebih panjang atau pendek

Nah itulah Contoh Kerajinan Limbah Tulang Ikan beserta cara pembuatan dan gambarnya. Lihat juga contoh kerajinan unik dan kreatif dengan nilai jual tinggi lainnya sepertiĀ Contoh kerajinan dari bahan limbah keras