Identifikasi Tinggi Rendah Nada dari Notasi Angka Lagu Injit-Injit Semut

Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu Injit-Injit Semut di depan! Amatilah teks lagu, Apa yang kamu temukan? Buatlah garis melodi pada syair yang kamu tulis. Pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 50, tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang siapa tokoh antagonis dalam cerita Kisah Putri Tangguk di depan. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Bernyanyi

Nyanyikan lagu ”Injit-Injit Semut” bersama teman satu kelas. ”Injit-Injit Semut” dinyanyikan dengan nada dasar Do=C. Lagu ini memiliki birama 4/4. Itu menunjukkan bahwa dalam satu birama terdapat 4 ketukan. Lagu ini dinyanyikan dengan tempo andante yang berarti sedang. Perhatikan terlebih dahulu cara gurumu menyanyikan lagu tersebut dengan benar.

Identifikasi Tinggi Rendah Nada dari Notasi Angka Lagu Injit-Injit Semut

Bernyanyi dengan baik membutuhkan teknik seperti intonasi dan tempo. Intonasi merupakan cara bernyayi mencapai ketepatan bunyi tiap nada. Bunyi nada yang tepat akan menghasilkan suara yang tidak sumbang dan enak didengar. Untuk mendapatkan intonasi yang baik kamu dapat menyanyikan nada-nada berikut secara berulang tanpa mengandalkan otot-otot leher dan berteriak. Nada-nada tersebut dapat dinyanyikan dengan tempo lambat, sedang, dan cepat

Kecepatan lagu diukur dengan alat pengukur yang disebut Metronome Maelzel atau disingkat MM. Metronome Maelzel ini akan memberikan petunjuk seberapa cepat atau lambatnya lagu dinyanyikan. Sebagai contoh lagu ”Timang-Timang Anakku Sayang” ditulis dengan tempo andante. Kecepatan tempo andante 72-76 MM, artinya lagu harus dinyanyikan dalam kecepatan 72-76 ketukan yang tetap dalam waktu satu menit. MM 72-76 termasuk tempo sedang.

Tempo lagu dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:
tempo lambat, contoh lento = lambat (56-58 MM) ;
tempo sedang, contoh andante = seperti orang berjalan (72-76 MM);
tempo cepat, contoh allegro = cepat, hidup, dan riang (132-138 MM)

Ayo Berlatih

1. Amatilah teks lagu “Injit-Injit Semut”. Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu di depan. Apa yang kamu temukan? Buatlah garis melodi pada syair yang kamu tulis.

Jawab:

Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu di depan

Baca juga pembahasan soal nomor selanjutnya dibawah ini:

2. Sekarang giliranmu mempelajari lagu tersebut. Dengarkan penjelasan guru. Bersama dengan kelompokmu, nyanyikan lagu “Injit-Injit Semut” dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat. Simaklah saat kelompok lain menyanyikan lagu tersebut! Jawab: buka DISINI.

3. Apa yang kamu rasakan ketika menyanyikan lagu tersebut? Jelaskan jawabanmu! Jawab: buka DISINI.
4. Jelaskan tempo dan tinggi rendah nada dalam lagu tersebut! Jawab: buka DISINI.
5. Apa saja lagu daerahmu? Tuliskan judul dan makna lagu tersebut! Jawab: buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 50 tentang Identifikasi Tinggi Rendah Nada dari Notasi Angka Lagu Injit-Injit Semut. Tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!