Tokoh Antagonis dalam Cerita Kisah Putri Tangguk di Depan? Jelaskan Alasanmu

Siapa tokoh antagonis dalam cerita Kisah Putri Tangguk di depan? Jelaskan alasanmu. Pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 47, tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita tersebut. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Tokoh Antagonis dalam Cerita Kisah Putri Tangguk di Depan Jelaskan Alasanmu

Ayo Membaca! Bacalah cerita berjudul “Kisah Putri Tangguk“, di buku tematik halaman 44 sampai 45.

Dalam cerita terdapat tokoh yang memiliki sifat baik hati. Tokoh seperti itu disebut protagonis. Ada pula tokoh yang memiliki sifat jahat. Tokoh bersifat jahat disebut antagonis. Tahukah kamu siapa tokoh protagonis dan tokoh antagonis pada cerita di atas? Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Tokoh protagonis : tokoh yang memiliki sifat baik hati.
Tokoh antagonis : tokoh yang memiliki sifat jahat.

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita berjudul Kisah Putri Tangguk tersebut.

5. Siapa tokoh antagonis dalam cerita di depan? Jelaskan alasanmu.

Jawab: Tokoh antagonis dalam cerita tersebut adalah Putri Tangguk. Alasannya, tokoh tersebut bersifat jahat. Ia membuang-buang padi. Padi harusnya untuk bahan membuat nasi dan di makan bukan dibuang

Buka juga pembahasan soal halaman selanjutnya dibawah ini:

Ayo Bernyanyi

Nyanyikan lagu ”Injit-Injit Semut” bersama teman satu kelas. Perhatikan terlebih dahulu cara gurumu menyanyikan lagu tersebut dengan benar.

Ayo Berlatih

1. Amatilah teks lagu “Injit-Injit Semut”. Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu di depan. Apa yang kamu temukan? Buatlah garis melodi pada syair yang kamu tulis.
2. Sekarang giliranmu mempelajari lagu tersebut. Dengarkan penjelasan guru. Bersama dengan kelompokmu, nyanyikan lagu “Injit-Injit Semut” dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat. Simaklah saat kelompok lain menyanyikan lagu tersebut!
3. Apa yang kamu rasakan ketika menyanyikan lagu tersebut? Jelaskan jawabanmu!
4. Jelaskan tempo dan tinggi rendah nada dalam lagu tersebut!
5. Apa saja lagu daerahmu? Tuliskan judul dan makna lagu tersebut!

Jawaban lengkap soal no 1-5, buka DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 47 tentang Tokoh Antagonis dalam Cerita Kisah Putri Tangguk di Depan? Jelaskan Alasanmu. Tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!