Identifikasi Tinggi Rendah Nada dari Notasi Angka Lagu Maju Tak Gentar

Identifikasi Tinggi Rendah Nada dari Notasi Angka Lagu Maju Tak Gentar! Pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 4 SD/MI di buku tematik siswa halaman 15. Tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang bagaimana hubungan makna sila keempat dengan simbolnya. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan cari jawabannya di kolom pencarian!

Ayo Bernyanyi!

Raja Purnawarman sangat gigih dan berani melawan perampok. Beliau membela kepentingan rakyatnya. Beliau berjuang melawan musuhnya dengan semangat perjuangan.

Identifikasi Tinggi Rendah Nada dari Notasi Angka Lagu Maju Tak Gentar

Semangat perjuangan juga terlihat pada lagu “Maju Tak Gentar”. Ayo kita berlatih bernyanyi.

Ayo Mengamati!

Amatilah teks lagu “Maju Tak Gentar” tersebut. Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu di atas. Apa yang kamu temukan?

Bernyanyilah lagu Maju Tak Gentar bersama gurumu sesuai dengan tempo dan tinggi rendah nada. Gurumu akan memberikan tanda dengan ketukan.

Jelaskan tinggi rendah nada pada lagu Maju Tak Gentar!

Jawaban :

Tinggi rendah nada pada lagu Maju Tak Gentar yaitu termasuk Tangga Nada Diatonis Mayor. Tangga Nada Diatonis Mayor merupakan tangga nada yang mempunyai jarak antar nadanya 1 (satu) dan ½ (setengah).

Ciri-ciri tangga nada Diatonis Mayor adalah:

  • Bersemangat dan berapi-api
  • Mempunyai pola interval: 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½
  • Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C
  • Bersifat riang gembira
  • Irama yang digunakan yaitu 4/4

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 4 halaman 15 tentang Identifikasi Tinggi Rendah Nada dari Notasi Angka Lagu Maju Tak Gentar. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lainnya pada materi pembelajaran 2 subtema 1. Terimakasih, selamat belajar!

2 Comments