4 Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri dan Contohnya

Sebutkan 4 macam jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri? Berdasarkan jenisnya, usaha dapat dikelola sendiri maupun secara berkelompok. Yang dimaksud usaha ekonomi yang dikelola sendiri adalah usaha yang dijalankan olah perorangan. Sebaliknya, usaha berkelompok artinya dikelola olah banyak orang.

Ciri-ciri usaha ekonomi yang dikelola sendiri pada umumnya memiliki modal terbatas, teknik atau strategi pengelolaannya sederhana dan dibuka secara perseorangan. Tanpa kita sadari, contoh usaha ekonomi yang dikelola sendiri banyak terdapat di lingkungan sekitar tempat kita tinggal.

Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri dan Contohnya

Jenis usaha yang dikelola sendiri ada yang memanfaatkan alam ada juga yang tidak. Beberapa contoh pelaku usaha yang memanfaatkan alam contohnya seperti dibidang pertanian, perkebunan dan perikanan. Berikut ini beberapa contoh jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri (perorangan) :

1. Industri Kecil

Industri kecil biasanya merupakan industri rumahan (home industry). Contohnya industri souvenir, mebel, tembikar, anyaman, dan keramik. Dari sekian banyak industri kecil, biasanya merupakan usaha kerajinan tangan yang memanfaatkan bahan-bahan dari alam. Contohnya mebel dari kayu, dan anyaman dari bahan bambu.

2. Usaha Pertanian

Usaha pertanian yang dikelola perorangan sebagian besar memiliki modal terbatas. Pelaku usaha dibidang ini disebut dengan petani. Dengan lahan dan modal terbatas, memanfaatkan lahan persawahan sebagai tempat untuk menanam komoditi-komoditi pertanian. Contohnya petani padi, jagung, cabai, dan masih banyak lagi.

3. Usaha Jasa

Usaha ekonomi jasa tentu berbeda dengan industri dan pertanian. Namun, jenis usaha yang satu ini banyak juga dikelola sendiri atau perorangan. Contohnya banyak dijumpai disekitar kita. Seperti usaha fotocopy, usaha salon, potong rambut (tukang cukur), usaha laundry, atau bisa juga usaha penjualan pulsa.

4. Usaha Perdagangan

Usaha ekonomi yang dikelola sendiri selanjutnya adalah usaha perdagangan. Baik itu dalam sekala kecil maupun sedang. Contohnya pedagang kaki lima, pedagang asongan, pedagang keliling, pedagang yang berjualan di pasar, warung-warung di desa, hingga toko kelontong. Jenis usaha perseorangan ini tentu tidak memanfaatkan alam, berbeda dengan usaha pertanian.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri. Rangkuman materi diatas dapat membantu kalian untuk menjawab beberapa pertanyaan. Seperti apa yang dimaksud dengan usaha ekonomi yang dikelola perorangan, apa ciri-ciri dan contoh jenis usaha ekonominya.

Baca juga: Jenis-Jenis Bahan Setengah Jadi

15 Comments