Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 80 83 85 89 92 93 Kurikulum Merdeka Belajar

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 halaman 80 83 85 89 92 93, tentang Sebutkan nama-nama desa yang diceritakan di atas dan nama tarian masing-masing! Tepatnya pada BAB 4 berjudul “Meliuk dan Menerjang” di buku paket kurikulum Merdeka Belajar.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 80 83 85 89 92 93 Kurikulum Merdeka Belajar

Pada halaman 80, 83, 85, 89, 92, dan 93, BAB 4 “Meliuk dan Menerjang” kalian telah mengerjakan soal Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 71 tentang Bacalah Buku Atau Tulisan Di Majalah, Koran, Atau Di Internet yang Menceritakan Perjalanan Atau Kendaraan. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 80

Dikenal karena Menari

Indonesia memiliki banyak sekali budaya, khususnya tarian. Tari-tarian itu menjadi ciri khas suatu daerah. Berikut ini dihimpun lima desa yang terkenal dengan ciri khas tarian dan para penarinya.

Desa pertama adalah Desa Olehsari di Banyuwangi, Jawa Timur, yang terkenal dengan tari seblang. Tarian yang dilakukan setiap tahun ini diyakini untuk menghindarkan desa dari bahaya. Penarinya biasanya wanita dewasa yang wajahnya ditutupi daun kelapa. Penari memperagakan kegiatan membajak sawah sambil menggendong boneka mengikuti irama musik.

Desa kedua adalah Desa Cempaga di Bali dengan tari baris. Tari ini dibawakan oleh laki-laki dewasa. Gerakannya menirukan pemuda gagah berani yang menerjang medan perang. Tari baris dibedakan menjadi dua berdasarkan jumlah penarinya. Tarian yang dibawakan seorang penari disebut tari jojor. Sementara tarian yang dilakukan berkelompok disebut tari dadap.

Selanjutnya adalah Desa Barikin di Kalimantan Selatan dengan tari baksa kembang. Tarian ini dibawakan oleh penari perempuan yang jumlahnya ganjil, misalnya satu, tiga, atau lima penari. Gerakannya meliuk-liuk menggambarkan seorang putri yang sedang bermain di taman bunga. Tari baksa kembang sering dipentaskan di acara besar.

Desa keempat adalah Desa Situraja di Jawa Barat yang terkenal dengan tari umbul. Para penarinya adalah perempuan berkebaya, berselendang, dan memakai kacamata hitam. Gerakannya gemulai, menggoyangkan badan, dan sedikit menirukan gerakan pencak silat. Tari ini mengandung pesan bahwa perempuan juga bisa menjaga diri dengan ilmu bela diri.

Desa terakhir adalah Desa Gigieng di Aceh dengan tari seudati. Fungsi tarian ini bukan hanya sebagai pertunjukan hiburan untuk rakyat, melainkan juga sebagai sarana dakwah untuk mengembangkan ajaran agama Islam. Tari seudati dibawakan oleh delapan pemuda. Gerakan yang dibawakan menggambarkan seorang syekh bersama para pembantunya.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dan tuliskan di buku kalian!

1. Sebutkan nama-nama desa yang diceritakan di atas dan nama tarian masing-masing!

Jawaban: Nama-nama desa yang diceritakan adalah Desa Olehsari di Banyuwangi, Jawa Timur, yang terkenal dengan tari seblang, Desa Cempaga di Bali dengan tari baris, Desa Barikin di Kalimantan Selatan dengan tari baksa kembang, Desa Situraja di Jawa Barat yang terkenal dengan tari umbul, dan Desa Gigieng di Aceh dengan tari seudati.

2. Berapakah jumlah penari pada tari seudati?
Jawaban: Tari seudati dibawakan oleh delapan pemuda

Baca Juga Pembahasan Soal Nomor 3, 4 dan 5 :

3. Tari apakah yang menggambarkan seorang putri di taman bunga?
4. Apakah nama tari yang gerakannya seperti ada gerakan silat?
5. Ada tarian yang dilakukan untuk tujuan tertentu. Sebutkan nama dan tujuannya!

Jawaban soal diatas, buka DISINI.

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 83

Latihan

Sekarang bacalah kembali teks “Dikenal karena Menari”. Temukan ide pokok dan ide pendukung setiap paragraf. Tuliskan di buku kalian. Tuliskan pula ide pokok dari teks “Dikenal karena Menari” tersebut. Kalian dapat membuatnya seperti tabel di bawah ini!

Jawaban, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 83 Kurikulum Merdeka Belajar

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 85

Mari cintai dan pelajari tarian Nusantara!” “Tunjukkan warna Indonesiamu!” Kalimat pada poster di atas bersifat mengajak. Kalimat tersebut berusaha meyakinkan atau membujuk orang agar mau mengikuti isi atau pesan dari kalimat tersebut. Kalimat seperti ini disebut kalimat persuasif.

Ciri-ciri kalimat persuasif antara lain:

  • Bersifat ajakan,
  • Menggunakan tanda seru,
  • Biasa dipakai dalam iklan atau imbauan,
  • Sering menggunakan kata ajakan seperti ayo, mari, marilah, dan sebagainya, dan
  • Ditulis dengan pilihan kata yang menarik agar gampang diingat.

Kreativitas dan Menulis

Bentuklah 5 kelompok. Setiap kelompok harus membuat poster yang berisi kalimat persuasif. Pilihlah salah satu tema di bawah ini untuk poster kelompok kalian.

  1. Ajakan untuk menjaga kebersihan
  2. Ajakan untuk suka membaca
  3. Ajakan untuk mengikuti latihan menari
  4. Ajakan untuk menjaga kesehatan
  5. Seruan untuk membangkitkan semangat

Contoh poster, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 85 Kurikulum Merdeka Belajar

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 89

Diskusikan isi teks Laporan Wawancara “Kuat untuk Melindungi” pada halaman sebelumnya. Berbicaralah dengan suara yang jelas agar pembicaraan kalian dipahami dengan baik. Gunakan pertanyaanpertanyaan di bawah ini sebagai panduan.

1. Judul laporan di atas adalah “Kuat untuk Melindungi”. Menurut kalian, apa makna yang ingin disampaikan penulis dengan judulnya ini?
2. Apakah kalian setuju bahwa ilmu bela diri bukan untuk berkelahi? Jelaskan jawaban kalian!
3. Apa ilmu bela diri yang ingin kalian pelajari? Mengapa?
4. Kira-kira, apa saja daftar pertanyaan yang diajukan Nurul?

Jawaban, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 89 Kurikulum Merdeka Belajar

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 92 93

Menulis

Lakukan wawancara dengan orang di sekitar kalian yang ingin kalian ketahui pengalamannya. Kalian boleh menjadikan petugas pos, teman yang pernah memenangi lomba membaca puisi, atau seorang kakak yang jago berenang, sebagai narasumber.

Ikuti langkah-langkah persiapan wawancara. Persiapkan daftar pertanyaan seperti di bawah ini. Setelah kalian melakukan wawancara, tuliskanlah hasilnya berupa laporan wawancara.

Contoh Hasil Wawancara,  buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 92 93 Kurikulum Merdeka Belajar

Demikian pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 80 83 85 89 92 93 tentang Sebutkan nama-nama desa yang diceritakan di atas dan nama tarian masing-masing!. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian, kerjakan juga soal lain pada buku kurikulum Merdeka Belajar. Terimakasih, selamat belajar!

2 Comments