Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 71 73 75 Pembelajaran 3 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 SD/MI Halaman 71 73 75 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya tepatnya pada materi pembelajaran 3 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 2 kelas 6 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 71 sampai dengan 75 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 71 73 75 Pembelajaran 3 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 71

Ayo Mengamati

Bacalah kembali informasi tentang kadaan geografis negara Singapura. Bersama dengan temanmu lakukan analisis sederhana tentang hubungan keadaan geografis negara-negara tersebut dengan keadaan sosial budayanya.

Jawaban :

Kondisi GeografisKondisi Sosial Budaya
– Negara kepulauan.
– Sebagian besar dataran rendah.
– Terletak 137 kilometer di utara Johor.
– Memiliki 63 pulau kecil.
– Lokasi tertinggi di Bukit Timah.
– Terdapat cagar alam (Bukit Timah Nature Reserve) dan taman botani (Singapore Botanic Garden).
– Negara maju
Peraturan ketat.
– Negara terbersih di dunia.
– Tujuan wisata dunia.
– Penduduk padat.
– 85% tinggal di rumah susun.
– Rakyatnya disiplin masalah kebersihan.

Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya :

Karena luas negara Singapura kecil atau sempit, maka untuk mengatasi masalah tempat tinggal untuk warganya yang padat, maka pemerintah Singapura menggalakkan rumah susun demi menghemat lahan. Masalah kenyamanan penghuni rumah susun menjadi prioritas utamanya. Masalah sampah adalah masalah utama yang dihadapi oleh penghuni rumah susun yang padat. Setiap orang pasti menghasilkan sampah. Untuk itu, pemerintah dan rakyat Singapura paham betul bahwa sampah harus bisa diatasi. Pemerintah membuat aturan yang ketat mengenai masalah kebersihan dan rakyat Singapura berdisiplin menjalankan peraturan yang berkaitan dengan masalah kebersihan, akhirnya rakyat Singapura tetap nyaman tinggal di rumah susun yang padat. Pemerintah Singapura mampu melakukan efisiensi lahan Singapura yang sempit, dan negara Singapura mendapat predikat negara terbersih di dunia.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 73

Lihat gambar peta pikiran DISINI

Ayo Mengamati

Di bawah ini disajikan infografis tentang sampah di Jakarta. Bersama temanmu cermatilah infografis tersebut. Analisislah informasi yang kamu dapatkan dari infografis tersebut.

Jawaban : Produksi sampah warga Jakarta tiap hari sekitar 6.270 ton atau setara dengan berat badan 25 ekor paus biru besar. Sampah Jakarta mampu menimbun tanah seluas empat kali lapangan sepak bola.

Komposisi jenis sampah Jakarta adalah 54% sampah organik, 15% sampah kertas, 14% sampah plastik dan 17% sampah campuran dari kaca, logam dan sebagainya. Dari semua sampah tersebut, hanya 79% yang dapat terangkut ke TPST Bantar Gebang, sisanya tidak terangkut atau sudah didaur ulang.

Sampah berdampak pada kesehatan, misalnya sisa pembakaran sampah dapat menghasilkan 75 zat racun, serta hewan yang biasa mengelilingi sampah dapat menjadi media penyakit. Sampah juga berdampak pada lingkungan, misalnya cairan yang dihasilkan sampah dapat mencemari tanah dan air. Selain itu satu ton sampah juga menghasilkan gas metan yang dapat meningkatkan suhu bumi. Sampah juga dapat membahayakan lingkungan, karena sampah bisa menimbulkan bahaya ledakan yang, seperti kejadian ledakan sampah pada tanggal 21 Februari 2005 yang menelan korban jiwa.

Dari segi estetika, sampah juga menimbulkan masalah tersendiri. Masalah pelik sampah ini karena masyarakat masih tidak tahu bagaimana mengelola sampah. Sebanyak 55% masyarakat tidak tahu cara mengelola sampah. Sebanyak 74% sampah hanya dibuang/ditumpuk, 2% sampah dibakar, dan hanya 19% masyarakat yang mengerti cara penanganan sampah.

Tanggapan masyarakat masih rendah terhadap cara penanganan sampah, sebanyak 98% menganggap sampah itu kotor dan bau, dan baru sebanyak 2% masyarakat yang sudah kreatif dengan melakukan daur ulang sampah. Sebanyak 65% masyarakat rela membayar lebih retribusi sampah asal sampah dikelola secara baik. Namun ada harapan agar masalah sampah ini bisa teratasi, karena 7,6 dari skala 10 masyarakat untuk turut bertanggung jawab terhadap permasalahan sampah.

Bentuk tanggung jawab sebagai anggota masyarakat adalah dengan mengurangi sampah di sumbernya, yaitu dengan menghabiskan makanan, menghindari barang dengan umur pakai pendek, memilih produk kemasan besar, serta melakukan daur ulang. Jika sampah masih ada/ masih berproduksi di sumbernya, maka metode pemilahan sampah dapat membantu mengurangi dampak sampah.

Sampah yang mudah busuk dikomposkan untuk dijadikan pupuk, dan sampah sulit busuk bisa didaur ulang dengan cara dijual/disumbangkan. Mari bersama-sama kita wujudkan Indonesia bebas sampah 2020.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 75

Identifikasi tanggung jawab kita sebagai anggota masyarakat dalam menjaga lingkungan kita dari sampah.

Jawaban : Tanggung jawab masyarakat dalam menjaga lingkungan dari sampah

Membuang sampah pada tempatnya.
Melakukan pemilahan sampah saat kita menghasilkan sampah.
Menggunakan sumber daya alam secukupnya.
Menjaga kebersihan saluran air/ selokan.
Ikut serta dalam kegiatan kebersihan warga.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 8 kelas 6 SD Subtema 2 Bumiku dan Musimnya pada pembelajaran 3 di buku tematik siswa halaman 71 73 75. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.