Mempraktikkan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor dan Manipulatif dalam Permainan Bola Basket

Mempraktikkan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor dan Manipulatif dalam Permainan Bola Basket –¬†Untuk bermain bola basket, kamu perlu berlatih kombinasi gerak dasar dalam bola basket. Bagaimana cara dan bentuk latihannya? Berikut pembahasannya.

Mempraktikkan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor dan Manipulatif dalam Permainan Bola Basket

1. Melempar Bola

Bagaimana kombinasi gerak dasar menangkap dan melempar bola basket? Berikut langkah-langkahnya.

1. Buat kelompok beranggotakan delapan orang. Setiap kelompok dibagi dua, misalnya A dan B. Anggota kelompok A berdiri berhadapan dengan kelompok B.

2. Siswa pertama kelompok A (A1) memegang dan melempar bola kepada siswa pertama kelompok B (B1). Siswa A1 segera berlari kebelakang kelompoknya.

3. Sebelum menangkap bola, siswa B1 menekuk dan mengangkat kedua lengan di atas dada. Selanjutnya, kedua lengan ditekuk sesaat bola mengenai kedua telapak tangan. Arahkan bola ke dada untuk meredam dorongan bola.

4. Siswa B1 melempar kembali bola kepada siswa A2. Setelah melempar bola, siswa B1 berlari ke belakang kelompoknya. Begitu seterusnya.

5. Lakukan aktivitas ini berulang-ulang hingga semua anggota kelompok mendapatkan gilirannya.

2. Memantulkan diikuti Gerak Melempar Bola

Kombinasi gerakan menggiring bola dan melempar bola perlu dilatih secara tekun dan disiplin. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Bentuk dua kelompok, yaitu kelompok A dan B. Kedua kelompok berdiri berhadapan sejauh 20 meter.

2. Siswa pertama kelompok A (A1) berlari untuk menggiring bola sejauh 15 meter menuju ke arah kelompok B. Setelah tiba di titik yang ditentukan, siswa (A1) melempar bola kepada siswa pertama kelompok B (B1).

3. Setelah melempar bola, siswa A1 berlari ke belakang barisan kelompok B.

4. Siswa pertama kelompok B (B1) berlari dan menggiring bola sejauh 15 meter menuju ke arah kelompok A. Setelah tiba di titik yang ditentukan, siswa B1 melempar bola kepada siswa kedua kelompok A (A2). Kemudian, siswa B1 berlari ke belakang barisan kelompok A.

5. Lakukan aktivitas ini secara berulang-ulang.

Gerakan ini menunjukkan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola basket. Agar dapat menguasai gerak dasar tersebut, kamu harus berlatih secara teratur. Latihan secara teratur juga membuat tubuhmu bugar. Ingat, sebelum latihan, lakukan pemanasan.

Lakukan latihan bersama teman-temanmu. Amatilah gerakan temanmu, kemudian bandingkan gerakanmu dengan gerakan temanmu. Laporkan hasil praktikmu kepada gurumu. Komunikasikan kepada gurumu mengenai kesulitan yang kamu alami saat berlatih.

Mempraktikkan Kombinasi Gerak Dasar Permainan Bola Basket

Carilah pasangan untuk mempraktikkan kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif seperti berjalan, berlari, menekuk siku,
mengayunkan tangan, membungkuk, melempar bola, menangkap bola, dan menggiring bola.

Lakukan praktik ini secara bergantian. Kembangkan sikap kerja sama, sportif, dan bertanggung jawab dalam melakukan aktivitas ini. Amatilah gerakan temanmu! Bandingkan gerakanmu dan gerakan temanmu, kemudian komunikasikan hasilnya kepada Gurumu.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh saat melakukan permainan bola besar. Permainan ini dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan
tubuhmu. Permainan ini juga membantumu berinteraksi dengan temanmu.

Dalam interaksi tersebut, kamu dapat mengembangkan sikap kerja sama, solidaritas, dan saling membantu. Bermainlah dengan riang dan rasakan manfaatnya.

Nah itulah cara mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif dalam permainan bola basket. Baca Juga: Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif Permainan Sepak Bola

One Comment