Mengapa Randu Sampai Melakukan Tindakan Demikian Menurut Kalian Sudah Benarkah

Mengapa Randu sampai melakukan tindakan demikian, Menurut kalian sudah benarkah tindakan yang dilakukan oleh tokoh Randu, pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 Kegiatan 1 kurikulum merdeka materi Bab IV Mengulas Karya Fiksi pada buku semester 2.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Siapa Tokoh dalam Cerita Tersebut Kotak Sulap Paman Tom secara lengkap.

Mengapa Randu sampai melakukan tindakan demikian Menurut kalian sudah benarkah

Sekarang Randu sudah kelas tiga SD. Ia bersama teman-temannya masih tetap suka menonton pertunjukan sulap Paman Tom yang diadakan setiap bulan di Perpustakaan Daerah. Namun, kini ada sesuatu di hati Randu. Rasa kagum terhadap sulap Paman Tom berganti menjadi penasaran. “Mengapa Paman Tom begitu hebat? Dari mana Paman Tom mendapatkan kotak ajaibnya yang terkenal itu?” Randu ingin tahu jawabannya.

Pada suatu hari Minggu, dua jam menjelang pertunjukan sulap Paman Tom, Randu diam-diam masuk ke ruang pegawai. Biasanya Paman Tom beristirahat dahulu di ruangan itu sebelum memulai sulapnya di panggung. Mujur bagi Randu, hari itu, setelah meletakkan peralatan sulapnya, Paman Tom keluar ruangan. Mendapat kesempatan itu, Randu segera menuju ke tas besar Paman Tom yang terbuat dari anyaman pandan. Dibukanya tas itu dengan berdebar. Kotak sulap itu ada di dalamnya. Dengan gemetar ia mengangkat kotak itu, lalu mengintip isinya. Kosong. Dirabanya sisi-sisi dalam kotak. Alangkah kagetnya ia ketika menemukan empat buah laci kecil. Di dalam empat laci itu, ia menemukan seekor kelinci kecil, seekor burung merpati, sekuntum bunga, dan sebuah terompet.

Randu terkejut dan kecewa. Kotak itu tak seperti harapannya. Kotak itu tidak ajaib sama sekali. Dalam pikirannya, Paman Tom adalah seorang pembohong. Paman Tom penipu. Ia sama sekali tidak hebat. Randu kecewa karena merasa tertipu.

Dengan lunglai Randu kembali ke ruang pertunjukan. Tak lama kemudian, Paman Tom datang dengan kotaknya yang ternyata tidak ajaib. Randu mendadak merasa benci. Ia tidak suka dengan sulap Paman Tom. Paman Tom tidak pandai melakukan yang ajaib. Paman Tom hanya penipu! (baca secara lengkap pada buku)

Kegiatan 1:
Mendiskusikan Isi Karya Fiksi

Berdiskusi
Kalian sudah membaca cerita berjudul “Kotak Sulap Paman Tom”. Sekarang diskusikanlah pertanyaan berikut dengan teman di samping kalian!

3. Menurut kalian, sudah benarkah tindakan yang dilakukan oleh tokoh Randu?

Jawaban : Menurut saya tidak benar, karena bagaimanapun membongkar rahasia pesulap di depan orang lain bukanlah perbuatan baik. Paman Tom juga tidak pernah menyakiti penontonnya. Karena atas tindakan Randu tersebut, si pesulap paman tom harus melanjutkan aksinya di jalanan karena kehilangan mata pencahariannya.

4. Mengapa Randu sampai melakukan tindakan demikian? Setelah kalian menjawab pertanyaan di atas, sampaikanlah hasil diskusi tersebut di depan kelas.

Jawaban : Karena Randu awalnya kecewa merasa dibohongi oleh pesulap. Padahal belakangan dipahami bahwa sulap hanya sebuah permainan. Hingga Randu pada akhirnya menelan kekecewaan pada diri sendiri mengapa dirinya melakukan hal bodoh yang melukai paman Pesulap.

Baca Juga Pembahasan Soal Lainnya:

Kegiatan 2:
Berlatih Membuat Kalimat

Jawaban, buka DISINI

Demikian pembahasan soal Bahasa Indonesia kelas 8 SMP MTS Kegiatan 1 kurikulum merdeka Bab IV Mengulas Karya Fiksi di buku kelas VIII semester 2. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

One Comment