Peta Pikiran Tentang Perjanjian Linggarjati Tema 2 Kelas 6 Halaman 78

Kelompok A akan melengkapi peta pikiran tentang Perjanjian Linggarjati, pembahasan kunci jawaban tema 2 kelas 6 halaman 78 79 80 82 83 tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Kesimpulanmu Tentang Cara Hewan Beradaptasi Pada Diagram Berikut Cumi-Cumi Walang Sangit Siput di buku tematik siswa.

Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak hanya dilakukan melalui pertempuran, namun juga dilakukan melalui jalur diplomasi, perjanjian, dan perundingan, seperti Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem Roijen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB).

Amatilah dan baca teks dalam hati!

Perjanjian Linggarjati
(15 November 1946-25 Maret 1947)

Perjanjian Linggarjati adalah perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Perjanjian tersebut ditandatangani secara sah oleh kedua negara pada 25 Maret 1947.

Hasil Perundingan:

1. Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatra dan Madura.

2. Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 Januari 1949.

3. Pihak Belanda dan Indonesia sepakat membentuk negara Republik Indonesia Serikat (RIS).

4. Dalam bentuk RIS, Indonesia harus tergabung dalam Commonwealth / Persemakmuran. Perjanjian Linggarjati ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia.

Pelanggaran Perjanjian

Pelaksanaan hasil perundingan ini tidak berjalan mulus. Pada tanggal 20 Juli 1947, Gubernur Jendral H.J. van Mook akhirnya menyatakan bahwa Belanda tidak terikat lagi dengan perjanjian ini. Pada tanggal 21 Juli 1947, meletuslah Agresi Militer Belanda I.

Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat efektif!

Jawaban :

Peta Pikiran Tentang Perjanjian Linggarjati

1. Apa? Perjanjian Linggarjati adalah perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat
2. Mengapa? Diadakannya perundingan Linggarjati dilatarbelakangi oleh masuknya AFNEI yang diboncengi NICA ke Indonesia
3. Siapa? Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir, Belanda diwakili oleh Wim Schermerhorn, Inggris diwakili oleh Lord Killearn
4. Bagaimana? Belanda mengakui secara de facto wilayah RI dan meninggalkan wilayah RI. Sepakat membentuk RIS dan tergabung dalam Persemakmuran
6. Kapan? 15 November 1946 – 25 Maret 1947
7. Dimana? Linggarjati, Jawa Barat

Baca juga: Peta Pikiran Tentang Perjanjian Renville

Demikian pembahasan soal kelas 6 SD pada pembelajaran 4 tema 2 subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan mengenai Peta Pikiran Tentang Perjanjian Linggarjati. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

One Comment