3 Contoh Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Kasti

Contoh Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Kasti – Dalam permainan kasti, seorang pemain harus menguasai beberapa gerakan dasar, baik itu gerak lokomotor, nonlokomotor maupun manipulatif. Nah pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan pengertian dan bentuk gerak dasar lokomotor!

Bagaimana variasi gerak dasar lokomotor? Apa sajakah variasi gerak dasar lokomotor pada permainan kasti? Mari, kita pelajari materi berikut dengan sungguh-sungguh. Baca dan pahami isi materi dan catat poin-poin penting rangkuman materi dibawah ini!

1. Berjalan dan Berlari

Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Kasti

Pada permainan kasti, terdapat pos atau tiang hinggap. Saat bermain kasti, pos inilah yang harus dilewati kelompok pemukul. Untuk menuju pos, kelompok pemukul melakukan berjalan dan berlari lurus atau berkelok-kelok. Variasi gerak dasar lokomotor ini penting dikuasai seorang pemain pada permainan kasti.

2. Berlari dan Melompat

Pada permainan kasti, kamu juga harus belajar variasi gerak berlari dan melompat. Variasi gerak dasar ini bertujuan menghindari lemparan bola kelompok penjaga. Saat kelompok penjaga lengah, anggota kelompok pemukul yang berada di pos menuju pos berikutnya.

Lakukan variasi gerakan melompat untuk menghindari lemparan lawan. Tingkatkan keterampilan variasi gerak dasar ini dengan tekun agar kamu makin terampil.

3. Berlari Lurus Cepat dan Lari Berkelok-kelok

Variasi gerakan dasar lokomotor ini juga harus dikuasai saat kamu bermain kasti. Apa tujuannya? Berlari lurus cepat dan lari berkelok-kelok dimaksudkan untuk menuju pos dan menghindari lemparan kelompok penjaga. Aktivitas lokomotor ini harus dilatih dengan disiplin dan tekun agar kamu makin terampil.

Awalnya, posisi berdiri tegak dan pandangan ke arah lapangan. Kemudian, berlari lurus dengan cepat dilanjutkan lari berkelok-kelok menuju pos. Lakukan aktivitas fisik ini secara disiplin dan tanggung jawab.

Variasi gerak dasar lokomotor tersebut perlu diperhatikan saat bermain kasti. Bagi pemain kasti, variasi gerak dasar ini harus dipelajari dengan tekun dan disiplin. Ingat, utamakan literasi keamanan dan keselamatan saat belajar variasi gerak dasar tersebut.

Ayo, Mempraktikkan Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Kasti!

Kamu telah mempelajari variasi gerak dasar lokomotor. Untuk meningkatkan keterampilanmu, lakukan kegiatan berikut.
1. Berjalan dan berlari menuju pos atau tiang hinggap.
2. Berlari dan melompat untuk menghindari lemparan kelompok penjaga.
3. Berlari lurus cepat dan lari berkelok-kelok menuju pos.

Lakukan kegiatan ini dengan disiplin dan tanggung jawab. Jika mengalami kesulitan, mintalah bimbingan kepada guru secara santun.

Baca Juga: Contoh Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Kasti

One Comment