4 Variasi Gerak Dasar Lokomotor dan Kombinasi Manipulatif | Sepak Bola

Variasi Gerak Dasar Lokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola – Apa olahraga kegemaranmu? Apakah sepak bola, bola voli, atau bola basket? Ketiga olahraga tersebut termasuk permainan bola besar. Dalam permainan bola besar, terdapat gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.

Contoh bentuk variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif pada permainan sepak bola terdiri dari berjalan dan berlari dengan menendang bola, berlari dan melompat dengan menendang bola ke arah gawang, berjalan dan berlari dengan menggiring bola, berlari dan melompat dengan menyundul bola. Berikut ini penjelasannya.

1. Berjalan dan Berlari dengan Menendang Bola

Variasi Gerak Dasar Lokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola

Amatilah variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak manipulatif pada gambar diatas! Praktikkan gerakan seperti gambar, kemudian komunikasikan langkah-langkahnya kepada guru.

Gerakan menendang bola untuk mengoper atau mengumpan kepada teman. Gerak menendang bola dapat dilakukan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, atau kura-kura (punggung) kaki.

2. Berlari dan Melompat dengan Menendang Bola ke Arah Gawang

Bagaimana berlari dan melompat dengan kombinasi menendang bola ke arah gawang (shooting)? Gerak dasar ini untuk menendang bola ke arah gawang. Kegiatan ini dapat dilakukan bersama teman.

Mintalah temanmu menendang bola ke arahmu. Kamu berlari dan melompat menyambut bola. Pada saat bola berada di depanmu, lakukan tendangan dengan punggung kaki. Arahkan tendanganmu gawang.

3. Berjalan dan Berlari dengan Menggiring Bola

Menggiring bola adalah aktivitas mendorong bola dengan posisi bola tetap dalam jangkauan dan penguasaan sambil berjalan dan/atau berlari ke arah tertentu. Dalam permainan sepak bola, menggiring bola bertujuan melewati pemain lawan dan membawa bola sedekat mungkin ke daerah pertahanan lawan.

Agar terampil menggiring bola, pemain sepak bola harus berlatih dengan disiplin, tekun, dan semangat. Menggiring bola menunjukkan variasi gerak dasar lokomotor (berjalan dan berlari) dengan kombinasi gerak dasar manipulatif (menggiring bola).

4. Berlari dan Melompat dengan Menyundul Bola

Bagaimana variasi gerak dasar berjalan dan melompat dengan kombinasi menyundul bola? Gerakan ini diawali dengan berlari, kemudian melompat menyambut datangnya bola. Saat bola di depan atas kepala, lakukan gerakan menyundul bola. Usahakan bola menyentuh kening dan dahimu. pada kening atau dahi.