3 Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menghentikan Bola

Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menghentikan Bola – Pada permainan sepak bola, terdapat 3 gerakan kombinasi, yaitu menendang bola, menghentikan bola dan menggiring bola. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara dan kombinasi menghentikan bola yang baik dan benar.

Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menghentikan Bola

Menghentikan bola merupakan kombinasi gerak nonlokomotor dan manipulatif. Menghentikan bola dilakukan dengan menekuk dan mengangkat satu kaki untuk menahan laju bola dan menguasai bola. Menghentikan bola dapat dilakukan dengan cara berikut.

1. Menarik Kaki dan Menghentikan Bola

Menghentikan bola di tempat merupakan kombinasi gerak nonlokomotor dan manipulatif. Aktivitas ini dilakukan tanpa berpindah tempat. Bagaimana cara melakukannya?

Bagian kaki untuk menghentikan bola, ialah bagian dalam, bagian luar, punggung kaki, telapak kaki, dan paha. Bagian kaki menghadap arah datangnya bola. Saat bola mengenai bagian kaki, tarik kaki untuk meredam laju bola. Bola ditendang atau dioper kepada teman satu tim.

2. Gerak Nonlokomotor Meliukkan Badan ke Belakang dan Gerak Manipulatif Menghentikan Bola dengan Kepala

Gerakan menghentikan bola dengan dada memerlukan ketepatan. Saat bola datang, menghadaplah ke arah datangnya bola. Badan diliukkan ke arah belakang dan kedua lengan ditekuk di samping badan.

Saat bola mendekat, tarik badan sedikit ke arah belakang untuk menghentikan bola. Selanjutnya, bola didorong ke depan dan ditendang kepada teman.

3. Meliukkan Badan ke Belakang dan Menghentikan Bola dengan Kepala

Menghentikan bola dengan kepala diawali pandangan menghadap arah datangnya bola. Badan condong ke belakang dan kedua tangan ditekuk di samping badan.

Saat bola mendekat, kepala ditarik ke belakang untuk menghentikan bola. Selanjutnya, bola didorong di depan kaki dan ditendang dengan kaki bagian dalam kepada teman.

Praktikkan kombinasi gerak mengayunkan kaki dan menendang bola bersama temanmu. Kamu menendang bola mendatar ke arah temanmu, kemudian temanmu menghentikan bola dengan menarik kaki tanpa berpindah tempat.

Selanjutnya, temanmu menendang bola ke arahmu dan kamu menghentikan bola. Kegiatan ini dilakukan berulang-ulang agar kamu makin terampil.

Nah itulah rangkuman materi tentang Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menghentikan Bola. Materi selanjutnya : Kombinasi Gerakan Menggiring Bola

7 Comments