3 Kombinasi Gerak dalam Permainan Sepak Bola dan Penjelasannya

Rangkuman materi kombinasi gerak dalam permainan sepak bola secara lengkap dan singkat. Pembahasan kali ini merupakan lanjutan materi PJOK tentang berbagai permainan bola besar. Selain sepak bola, beberapa permainan bola besar lain contohnya seperti bola voli dan basket.

Melalui permainan sepak bola, pemain sepak bola melakukan kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Gerak lokomotor ditandai dengan perpindahan tempat. Gerak nonlokomotor merupakan gerak yang dilakukan tanpa berpindah tempat. Adapun gerak manipulatif merupakan gerak yang melibatkan benda di luar tubuh.

Sepak bola merupakan permainan beregu yang terdiri atas sebelas pemain. Dalam permainan sepak bola, setiap regu berusaha memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Untuk memasukkan bola ke gawang lawan, dibutuhkan kerja sama dan kemampuan gerak dasar yang baik. Setiap pemain harus menjaga gawangnya agar tidak kemasukan bola oleh regu lawan.

Untuk menguasai kombinasi gerak dasar dalam permainan sepak bola, kamu perlu berlatih dengan tekun, disiplin, dan sportif. Kamu juga dapat berlatih kombinasi gerak dasar secara mandiri. Berikut kombinasi gerak dasar dalam permainan sepak bola.

Kombinasi Gerak dalam Permainan Sepak Bola

Terdapat 3 gerakan kombinasi pada permainan sepak bola, diantaranya meliputi gerak lokomotor dan manipulatif dalaKombinasi Gerak dalam Permainan Sepak Bolam gerakan menendang bola, menghentikan bola, dan menggiring bola. Berikut ini penjelasannya.

1. Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menendang Bola

Jelaskan bagaimana melakukan kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif berlari mengoper bola? Pertama berlari dan mengoper bola, kedua berlari dan menendang bola ke arah gawang.

Passing dilakukan untuk mengoper bola ke arah teman satu regu. Gerak mengoper harus dikuasai dengan baik oleh pemain agar pola permainan yang diinginkan dapat diterapkan, baik dalam menyerang maupun bertahan. Saat mengoper, tenaga yang dikeluarkan disesuaikan dengan jarak teman yang akan menerima bola.

Jelaskan bagaimana melakukan kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif dalam berlari dan menendang bola ke arah gawang? Untuk menendang bola ke arah gawang lawan (shooting). Bagian kaki yang mengenai bola saat menendang ialah punggung kaki.

Selain punggung kaki, kaki bagian dalam dapat digunakan untuk menendang bola ke arah gawang. Saat menendang bola dengan punggung kaki, badan agak condong ke depan. Gerakan tangan juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

2. Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Menghentikan Bola

Kombinasi gerak menghentikan bola pada permainan sepak bola terdiri dari menarik kaki dan menghentikan bola, gerak nonlokomotor meliukkan badan ke belakang, gerak manipulatif menghentikan bola dengan dada, dan meliukkan badan ke belakang dan menghentikan bola dengan kepala.

3. Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menggiring Bola

Gerakan berlari dan menggiring bola merupakan kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif. Gerak menggiring bola dilakukan untuk membawa bola melewati lawan menuju ke daerah pertahanan lawan. Gerakan dilakukan dengan berlari sambil mendorong bola secara pelan.

Bagian kaki manakah yang digunakan saat menggiring bola? Setidaknya, ada dua cara menggiring bola, yaitu menggunakan kaki bagian dalam dan punggung kaki. Menggiring bola dengan kaki bagian dalam biasanya dilakukan dengan lambat. Menggiring bola dengan kecepatan lambat dilakukan untuk mengontrol tempo permainan.

Nah itulah rangkuman materi secara lengkap tentang kombinasi gerak pada permainan sepak bola. Materi selanjutnya pada pembelajaran ini adalah kombinasi permainan voli.

6 Comments