Kondisi Geografis Pulau Kalimantan Berdasarkan Peta Luas Batas Alam

Jelaskan bagaimana kondisi geografis Pulau Kalimantan berdasarkan peta? Pulau Kalimantan merupakan salah satu dari 6 pulau-pulau besar (terbesar) di Indonesia. Dikenal dengan julukan Borneo, Kalimantan memiliki banyak sungai-sungai besar dan kekayaan alam hasil tambang yang melimpah, salah satunya batu bara.

Nah berikut ini pembahasan materi tentang kondisi geografis Pulau Kalimantan secara lengkap berdasarkan peta, meliputi luas, batas (laut daratan), dan keadaan alam (pantai, laut, daratan, dataran rendah dan gunung). Namun, lihat terlebih dahulu peta Pulau Kalimantan berikut ini :

Kondisi Geografis Pulau Kalimantan Berdasarkan Peta

1. Luas Pulau Kalimantan

Dikutip dari wikipedia, total luas Pulau Kalimantan yaitu mencapai kurang lebih sekitar 743.330 kmĀ².

2. Batas Pulau Kalimantan

a. Batas Laut meliputi di sebelah utara dengan Laut Sulu, sebelah selatan dengan Laut Jawa dan Selat Karimata, di barat dengan LCS (Laut China Selatan) dan dibagian timur dengan Laut Sulawesi dan Selat Makassar.

b. Batas Daratan : di sebelah utara berbatasan dengan Negara Malaysia, dibagian selatan dengan Pulau Jawa, di timur dengan Pulau Sulawesi dan di barat dengan Pulau Sumatra dan Negara Singapura.

Selengkapnya: Batas Wilayah Indonesia

2. Keadaan Alam Pulau Kalimantan

a. Nama-Nama Pantai dan Laut

Pantai terindah di Pulau Kalimantan : Pantai Tanah Merah, Pantai Kemala, Pantai Biduk Biduk, Pantai Manggar Segara Sari, dan Pantai Lamaru.

Laut di Pulau Kalimantan : Terdapat 3 laut yang berdekatan dengan Pulau Kalimantan, yaitu Laut Jawa, Sulawesi dan Natuna.

b. Nama-Nama Dataran Rendah

Selain perbukitan, di Kalimantan juga terdapat banyak dataran rendah. Contohnya seperti dataran rendah Kulau Kapuas, Redeb, Ketapang, Telukmelano, dan Selor.

c. Nama-Nama Gunung

Tidak hanya pulau jawa saja yang memiliki gunung, terdapat beberapa gunung di Kalimantan yang cukup terkenal. Seperti Gunung Kinabali, Kemul, Kerihun, Sarempaka, Kelam, Saran dan G Rumput.

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai kondisi geografis Pulau Kalimantan berdasarkan peta, baca juga kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia lainnya berikut ini :