Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta Luas Batas Alam

Jelaskan bagaimana kondisi geografis Pulau Sulawesi berdasarkan peta? Pulau Sulawesi merupakan salah satu dari 6 pulau-pulau besar (terbesar) di Indonesia. Dikenal dengan julukan Celebes, Sulawesi memiliki bentuk yang sangat unik, yakni seperti huruf k.

Nah berikut ini pembahasan materi tentang kondisi geografis Pulau Sulawesi secara lengkap berdasarkan peta, meliputi luas, batas (laut daratan), dan keadaan alam (pantai, laut, daratan, dataran rendah dan gunung). Namun, lihat terlebih dahulu peta Pulau Sulawesi berikut ini :

Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta

1. Luas Pulau Sulawesi

Dikutip dari wikipedia, total luas Pulau Sulawesi yaitu mencapai kurang lebih sekitar 174.600 kmĀ².

2. Batas Pulau Sulawesi

a. Batas laut Sulawesi terdiri dari Selat Sulawesi di sebelah utara Laut Flores di selatan, berbatasan dengan Laut Banda di timur dan Selat Makassar di sebelah barat.

b. Batas Daratan : Di sebelah utara berbatasan dengan negara Filipina, selatan dengan Kep. Nusa Tenggara, di timur dengan Kep. Maluku dan di barat yaitu Pulau Kalimantan.

Selengkapnya: Batas Wilayah Indonesia

2. Keadaan Alam Pulau Sulawesi

a. Nama-Nama Pantai dan Laut

Beberapa pantai populer di Pulau Sulawesi seperti Pantai Losari, Pantai Tanjung Bira, Pantai Talise, Pantai Olele, Pantai Bokori, Pantai Dato dan Pantai Nirwana.

Laut di Pulau Sulawesi : Sedangkan laut di Pulau Sulawesi terdiri dari laut Waktobi, Bunaken, Laut Kep. Togean, Selat Makassar, dan Teluk Bone.

b. Nama-Nama Dataran Rendah

Bentuknya yg unik dan terlihat ramping, di Pulau Sulawesi juga terdapat banyak dataran rendah. Contohnya seperti dataran rendah Maros, Barru, Banteang, Gowa, Selayar, Jeneponto, dan Pangkep.

c. Nama-Nama Gunung

Beberapa gunung tertinggi di Sulawesi contohnya seperti Gunung Tumpu, Kalabat, Soputan, Latimojang, Mekongga, Loken, dan Tondano.

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai kondisi geografis Pulau Sulawesi berdasarkan peta, baca juga kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia lainnya berikut ini :

One Comment