Pemeliharaan Diri dan Orang Lain dari Penyakit | Rangkuman Materi

Rangkuman Materi Pemeliharaan Diri dan Orang Lain dari Penyakit Secara Singkat | Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jika sehat, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan seperti belajar dan bermain bersama teman-temanmu. Dengan demikian, menjaga kesehatan sangat penting.

Agar tubuh tetap sehat, kamu harus rajin mengonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga, dan cukup istirahat. Kamu dapat membiasakan tiga tindakan tersebut secara rutin untuk mendapatkan tubuh sehat.

Pemeliharaan Diri dan Orang Lain dari Penyakit

Memiliki tubuh sehat dapat membantumu berkonsentrasi saat belajar. Kamu akan mudah sakit apabila tidak menjaga kesehatan. Ketika sakit, tubuhmu akan lemah, kehilangan selera makan, dan tidak dapat melakukan aktivitas sebagaimana biasanya.

Sakit dapat terjadi karena kamu kurang menjaga kesehatan. Apabila sakit, kamu sebaiknya beristirahat dan segera periksa ke dokter. Menyegerakan berobat ke dokter dapat membantu mencegah penularan penyakit.

Jelaskan Apa Pengertian Penyakit Menular?

Penyakit menular adalah penyakit yang disebabkan agen biologi (seperti virus, bakteri, dan parasit) dan bukan disebabkan fisik (seperti luka) atau kimia (seperti keracunan).

Jelaskan Apa Pengertian Penyakit Tidak Menular?

Penyakit tidak menular adalah penyakit yang membuat seseorang sakit, tetapi tidak ditularkan kepada orang lain. Contohnya, cedera akibat kecelakaan dan tindak kekerasan.

Sebutkan macam-macam dan jenis-jenis penyakit menular?

Penyakit menular langsung, misalnya difteri, tetanus, campak, influenza, dan hepatitis. Adapun penyakit menular melalui vektor dan binatang pembawa penyakit, misalnya malaria, demam berdarah, rabies, dan pes.

Sebutkan macam-macam dan jenis-jenis penyakit tidak menular?

Menurut World Health Organization (WHO), penyakit tidak menular meliputi penyakit kardiovaskular (seperti serangan jantung dan stroke), kanker, penyakit pernapasan kronis (seperti penyakit obstruksi paru kronis dan asma), dan diabetes.

Bagaimana cara pencegahan penyakit menular dan tidak menular?

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 82 Tahun 2014 tentang Penanggulangan Penyakit Menular, pencegahan dilakukan dengan promosi kesehatan; pengendalian faktor risiko; penemuan kasus; penanganan kasus; pemberian kekebalan (imunisasi); dan pemberian obat pencegahan secara massal.

Cara yang tepat untuk membiasakan hidup sehat?

Cara membiasakan hidup sehat sebagai berikut.

  • Mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan.
  • Membasmi jentik-jentik nyamuk.
  • Menggunakan air bersih untuk keperluan rumah tangga.
  • Mengkonsumsi makanan gizi seimbang.
  • Melakukan aktivitas fisik (olahraga) secara rutin.
  • Menggunakan jamban sehat.
  • Menjaga dan memperhatikan kesehatan organ reproduksi.
  • Mengupayakan kondisi lingkungan yang sehat.
  • Mandi secara teratur minimum dua kali sehari.

Nah itulah rangkuman materi secara singkat mengenai Pemeliharaan Diri dan Orang lain dari Penyakit menular dan tidak menular. Baca pembahasannya secara lengkap :

  1. Cara Melindungi Diri Dari Penyakit Menular
  2. Macam-Macam Penyakit Menular dan Contohnya
  3. Pengertian Penyakit Menular dan Tidak Menular