Pernahkah Kamu Membantu Temanmu Seperti yang Dilakukan Wayan dan Chandra

Pernahkah kamu membantu temanmu, seperti yang dilakukan Wayan dan Chandra kepada Teteh Dewi? Tuliskan pengalamanmu! Salah satu soal pertanyaan dan kunci jawaban materi SD kelas 1-3 Sahabat Pelangi Kabar Kabur di TVRI yang tayang pada hari Jumat 8 Mei 2020.

Pernahkah kamu membantu temanmu, seperti yang dilakukan Wayan dan Chandra kepada Teteh Dewi? Sahabat Pelangi Kabar Kabur

Pada video edukasi animasi pembelajaran SD kelas 1, 2 dan 3 kali ini bertema Kabar Kabur. Inti dari materi belajar dari rumah di TVRI ini berkaitan dengan kabar tentang Martha yang tidak naik kelas yang didengar oleh Candra.

Informasi tersebut belum jelas kebenarannya, mereka bertiga kemudian menjadi kebenaran berita kepada Kak Dewi, namun Teteh Dewi juga tidak tahu kabar tersebut karena ia langsung pulang setelah mengambil rapot milik Nisa.

Nah ada tiga soal pertanyaan dari 3 segmen yang ditanyangkan sahabat pelangi kali ini. Berikut ini pembahasan kunci jawabannya no 2 :

Pertanyaan : Pernahkah kamu membantu temanmu, seperti yang dilakukan Wayan dan Candra kepada Teteh Dewi?

Jawaban :

Pengalamanku aku pernah membantu temanku untuk meminjami penggaris saat temanku tidak membawanya. Kemudian aku juga pernah membantu temanku saat terluka terjatuh ketika bermain sepak bola, karena membantu orang lain merupakan perbuatan yang terpuji.

Itulah jawaban soal tentang pengalaman ketika membantu teman kita. Berikut ini pembahasan dua soal lainnya :

Pertanyaan nomor 3 : Bagaimana pendapatmu tentang berita yang belum jelas kebenarannya?

Jawaban :

Menurut saya, ketika mendengar berita atau informasi yang belum jelas akan kebenarannya, kita sebaiknya jangan langsung percaya begitu saja. Kita lebih baik mencari terlebih dahulu kebenaran informasi tersebut dan mencari bukti tentang kabar yang kita dengar supaya jelas kebenarannya.

Pertanyaan nomor 1 : Apa yang dilakukan Wayan, Chandra, dan Nisa ketika menerima informasi yang belum jelas kebenarannya tentang Martha? Cek jawabannya DISINI

One Comment