Soal dan Kunci Jawaban Sahabat Pelangi Kabar Kabur | SD Belajar di TVRI

Soal dan kunci jawaban Sahabat Pelangi Kabar Kabur materi belajar dari rumah di TVRI yang tayang pada hari jumat 8 Mei 2020 untuk kelas 1 2 dan 3 SD. Pada video pembelajaran sahabat pelangi kali ini, tema video animasi tersebut adalah kabar. Inti dari video tersebut adalah mengenai hati-hati saat menerima informasi.

Soal dan Kunci Jawaban Sahabat Pelangi Kabar Kabur SD Belajar di TVRI

Nah di video tersebut diceritakan Wayan dan Nisa sedang berbincang, lalu Candra pun datang dan memberikan kabar bawah Martha tidak naik kelas. Candra mendengar ibu-ibu murid katanya ada ibu melihat mamanya martha menangis di depan wali kelas.

Nisa dan Wayan pun tidak percaya dan mencoba mencari tahu kebenarannya. Mereka kemudian pergi ke kak Dewi untuk menanyakannya. Kata kak Dewi sepertinya tidak mungkin. Kak dewi kemudian bilang “jangan mudah percaya begitu saja, tidak baik. Nanti jadinya menuduh”.

Kak Dewi kemudian bilang kepada mereka tadi sehabis ambil rapotnya Nisa lalu pulang, karena buru-buru ke pasar. Kak Dewi kemudian menyuruh anak-anak untuk ke rumahnya Martha untuk menanyakannya langsung.

Setelah sampai di rumahnya Martha, kemudian Candra, Wayan dan Nisa memanggilnya. Namun tidak ada orang. Mereka berdua kemudian kembali dan pergi bermain bola di lapangan.

Nah itulah sedikit ringkasan dari inti video animasi Sahabat Pelangi Kabar Kabur. Nah berikut ini contoh soal dan pembahasan kunci jawaban berkaitan dengan hati-hati terima informasi :

1. Apa yang dilakukan Wayan, Candra, dan Nisa ketika menerima informasi yang belum jelas kebenarannya tentang Martha?

Jawaban :

Ketika menerima informasi yang belum jelas kebenarannya tentang Martha yang tidak naik kelas, Candra, Wayan dan Nisa kemudian tidak langsung percaya dan mencari tahu kebenaran informasi tersebut dengan bertanya ke Teteh Dewi.

2. Pernahkah kamu membantu temanmu, seperti yang dilakukan Wayan dan Candra kepada Teteh Dewi? Tuliskan pengalamanmu!

Jawaban :

Pengalamanku aku pernah membantu temanku untuk meminjami penggaris saat temanku tidak membawanya. Kemudian aku juga pernah membantu temanku saat terluka terjatuh ketika bermain sepak bola, karena membantu orang lain merupakan perbuatan yang terpuji.

3. Bagaimana pendapatmu tentang berita yang belum jelas kebenarannya?

Jawaban :

Menurut saya, ketika mendengar berita atau informasi yang belum jelas akan kebenarannya, kita sebaiknya jangan langsung percaya begitu saja. Kita lebih baik mencari terlebih dahulu kebenaran informasi tersebut dan mencari bukti tentang kabar yang kita dengar supaya jelas kebenarannya.

Nah itulah Soal dan Kunci Jawaban Sahabat Pelangi Kabar Kabur, rangkuman materi belajar dari rumah di TVRI kelas 1-3 SD yang tayang pada hari Jumat 8 Mei 2020.

One Comment