2 Contoh Variasi Gerak Dasar Lempar : Gambar dan Penjelasannya

Contoh Variasi Gerak Dasar Lempar – Variasi gerak lempar sangat menyenangkan jika dipraktikkan dalam bentuk permainan. Manusia memiliki berbagai kemampuan gerakan di antaranya jalan, lari, lompat, dan lempar. Gerakan tersebut termasuk gerakan dasar atletik. Atletik merupakan cabang olahraga tertua dan induk semua cabang olahraga.

Tahukah kamu, gerakan melempar dilakukan dengan satu atau dua tangan? Benda yang biasa digunakan dalam gerakan melempar, yaitu bola kasti, bola sepak, bola basket, lembing, roket, dan cakram. Berikut ini penjelasannya!

1. Lempar Roket

Variasi Gerak Dasar Lempar

Kegiatan lempar dapat menggunakan roket. Bagi siswa SD, roket sebagai pengganti lembing dan cakram. Bagaimana caranya? Gerakan lempar roket sesuai gerakan lempar lembing. Untuk mengawali pembelajaran, kamu dapat mencari informasi dari internet atau bacaan lainnya. Lakukan penelusuran informasi dengan pendampingan guru.

Catatlah informasi penting tersebut dan gunakan sebagai sumber belajar. Ingat, gunakan internet secara bertanggung jawab. Bagaimana gerakan dalam lempar roket? Posisi awal, bersiap melakukan awalan lari. Salah satu tangan memegang roket dan pandangan ke depan. Lakukan lari pelan dan lari cepat, kemudian lakukan tolakan tepat di belakang garis batas tolakan.

Lempar roket sekuat-kuatnya agar lemparannya jauh. Ikuti gerakan ayunan lengan dan langkah kaki untuk menjaga keseimbangan tubuh. Lakukan gerakan lempar roket ini dengan disiplin dan tanggung jawab.

2. Lempar Bola Ayun

Bagaimana cara melakukannya? Posisi awal, sikap berdiri tegak. Kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang. Bola dipegang tangan kanan di belakang telinga dengan siku ditekuk. Pandangan ke arah sasaran yang dituju.

Ayunkan lengan kanan dengan kuat. Saat bola berada di atas depan kepala, lepaskan bola. Ikuti dengan lecutan di pergelangan tangan agar bola meluncur ke atas depan. Lakukan gerakan ini dengan tekun dan hati-hati.

Nah itulah beberapa bentuk contoh variasi gerak dasar lempar penjelasan singkat rangkuman materi pelajaran PJOK beserta gambar. Semoga bermanfaat, terimakasih.