2 Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dan Kombinasi Manipulatif Bola Voli

Contoh Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Bola Voli – Apa olahraga kegemaranmu? Apakah sepak bola, bola voli, atau bola basket? Ketiga olahraga tersebut termasuk permainan bola besar. Dalam permainan bola besar, terdapat gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.

Dalam permainan bola voli, kamu dapat melakukan variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif. Kamu juga dapat melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam bola voli.

Bentuk variasi dan kombinasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif pada permainan bola voli terdiri dari menekuk kaki dan mengayun lengan dengan memantulkan bola dalam passing bawah, menekuk kaki dan mengayun lengan dengan mendorong bola dalam passing atas. Berikut ini penjelasannya!

1. Menekuk Kaki dan Mengayun Lengan dengan Memantulkan Bola dalam Passing

Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dan Kombinasi Manipulatif Bola Voli

Amatilah gerak menekuk kaki dan mengayun lengan dengan passing bawah seperti gambar diatas. Bersama temanmu, jelaskan cara melakukan gerak menekuk kaki dan mengayun lengan dengan passing bawah. Sampaikan hasil diskusimu kepada guru secara santun.

Dari gambar tersebut, dapat dideskripsikan cara melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif. Posisi badan berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua lutut ditekuk. Kemudian, ayunkan lengan untuk menyambut datangnya bola.

Idealnya, bola tepat mengenai lengan di atas pergelangan tangan. Lakukan gerakan mengayun kedua lengan secara bersamaan dari bawah ke atas hingga setinggi bahu. Pantulkan bola mengarah ke teman dengan kedua lengan.

2. Menekuk Kaki dan Mengayun Lengan dengan Mendorong Bola dalam Passing Atas

Bagaimana cara melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam passing atas? Lakukan variasi gerak menekuk kaki dan mengayun lengan dengan kombinasi passing atas.

Gunakan jari-jari kedua tangan untuk mendorong bola dalam passing atas. Jari-jari tangan dibuka agar siap menerima bola. Kedua kaki dibuka selebar bahu. Lutut kaki ditekuk untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam passing atas dapat dilakukan sendiri. Bagaimana caranya?

Secara mandiri, kamu dapat memantulkan bola pada tembok. Posisi kedua kaki menekuk dan lengan diayunkan untuk mendorong bola. Pandangan fokus pada gerakan bola sehingga dapat menyesuaikan passing.

Itulah dua contoh variasi gerak dasar nonlokomotor dan kombinasi manipulatif dalam permainan bola voli beserta gerakan lokomotor dan gambarnya.

Baca Juga: Variasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat dan Lempar

One Comment